Tips Cerdas Merawat Rambut yang Rusak agar Kembali Sehat

 

Kerusakan rambut merupakan fenomena yang sangat umum. Kondisi rambut memang rentan mengalami masalah jika tidak dilakukan perawatan yang benar atau justru melakukan perawatan yang salah. Merawat rambut yang rusak sangat diperlukan demi menjaganya agar tetap sehat. Untuk itu, jagalah kesehatan rambut dengan metode perawatan ini.

  1. Memilih Sampo yang Cocok

Sampo sangat penting untuk merawat rambut dan menjadi perawatan pokok bagi setiap orang. Bagaimanapun juga membersihkan rambut dengan sampo memiliki peran penting untuk mengembalikan kesehatan rambut, terlebih jika ternyata rambut mengalami masalah.

Lalu, apakah rambut Anda sedang mengalami kerusakan? Diperlukan sampo yang bisa membantu merawat dan melembabkan kulit kepala serta rambut. Agar rambut sehat dan tak mudah rontok, terkunci kelembapannya, dan tidak terlihat kusam, gunakan sampo khusus sesuai dengan kondisi rambut agar segera dapat mengatasinya.

  1. Selalu Memakai Kondisioner

Untuk Anda yang mengalami masalah rambut rusak, pemakaian kondisioner sudah wajib hukumnya. Anda dianjurkan untuk selalu menggunakan kondisioner setiap setelah keramas. Caranya cukup mengaplikasikan kondisioner dari bagian tengah rambut sampai ke ujung, kemudian diamkan selama beberapa menit agar kondisionernya tetap meresap.

  1. Rajin Memakai Masker Rambut
READ  MERAWAT RAMBUT RONTOK DAN MERAWAT KESEHATANNYA DARI DALAM

Pemakaian masker rambut juga dapat membuat rambut yang rusak menjadi lebih sehat. Anda dapat memakai masker rambut alami yang terbuat dari lidah buaya, alpukat, atau madu. Lakukanlah pemakaian masker ini sebanyak minimal dua kali seminggu agar rambut kembali halus dan juga kuat.

  1. Memakai Vitamin Rambut

Cara merawat rambut yang rusak berikutnya adalah memberikan vitamin khusus. Vitamin khusus untuk rambut sangatlah membantu dan menjadi metode perawatan yang intensif.

Produk yang biasanya berbentuk minyak ini juga mengandung banyak vitamin serta kandungan lainnya yang mampu mengembalikan kesehatan rambut Anda. Gunakanlah vitamin tersebut ketika rambut masih dalam keadaan setengah kering atau sebelum Anda tidur.

  1. Rutin Melakukan Trimming Rambut
READ  Cara Mengobati Penyakit Botulisme

Salah satu cara terbaik dalam merawat rambut yang rusak adalah dengan metode trimmingTrimming ini sendiri adalah berupa pemotongan ujung rambut yang biasanya dipotong sebanyak satu sampai dua senti. Hal ini sangat berguna untuk membuang ujung rambut yang ternyata pecah dan bercabang, tanpa mengubah bentuk rambut. Untuk itu, lakukanlah hal ini demi mencegah rambut bercabang atau rambut kusut dan kering.

  1. Menutrisi Rambut dari Dalam

Rambut sangat membutuhkan nutrisi untuk menjaganya tetap sehat. Kulit kepala juga perlu diberi nutrisi yang cukup agar tetap sehat karena juga kondisinya berkaitan dengan rambut. Untuk itu, merawat rambut yang rusak sangat diperlukan dan dapat dilakukan secara efektif dengan cara menutrisi rambut dari dalam. Cara ini sangat efektif karena bisa menguatkan kondisi sel-sel rambut dan sel di kulit kepala sekaligus untuk membaik dan bisa sehat kembali seperti sebelumnya.

  1. Melindungi Rambut dari Panas Styling Tools

Berbagai perubahan gaya rambut atau sejumlah tatanan rambut lainnya bisa menjadi faktor pemicu kerusakan rambut. Menghadapi hal ini, Anda harus tetap melindungi rambut dengan cara yang benar. Salah satunya yang terpenting adalah melindungi rambut dari suhu panas styling tools. Sebelum menata rambut menggunakan styling tools, selalu semprotkan dulu spray pelindung panas ke seluruh bagian rambut agar membantu melindungi rambut dari stres yang disebabkan oleh suhu panas dari hairdryer, roller, atau pelurus rambut.

READ  Gejala Penyakit Botulisme

Berbagai metode perawatan rambut rusak tersebut perlu diterapkan agar kondisi rambut segera kembali seperti sedia kala. Anda akan segera terlepas dari persoalan rambut rusak tersebut. Rambut akan jadi sehat dan tentunya juga kuat dan berkilau.

 

Sumber artikel:

www.popbela.com

www.dove.com

 

Sumber gambar:

www.merdeka.com

suarabojonegoro.com

abiummi.com

www.pinterest.com